Peran Social Media Agency untuk Perusahaan

Zaman yang sudah semakin canggih dan juga modern saat ini telah membawa bisnis menjadi semakin berkembang. Sebut saja salah satunya dengan kehadiran layanan social media agency yang siap membantu mengurus media sosial bisnis para pelaku usaha untuk meningkatkan keuntungan.

Tugas dari tim yang dibawahi oleh agensi media sosial ini cukup beragam. Tugas-tugasnya bisa dibagi-bagi ke dalam beberapa aspek yang tentunya bisa membantu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Berikut adalah peran-perannya.

1.  Membantu Branding di Dunia Digital

Perlu Anda ketahui, branding adalah salah satu kunci sukses pemasaran. Di era yang serba digital saat ini, digital branding bisa menjadi cara terbaik untuk menyampaikan “key message” dari produk atau jasa Anda.

Branding melalui platform digital juga merupakan upaya yang bisa membantu Anda untuk membangun brand dengan memanfaatkan platform digital. Selain media sosial, juga bisa melalui platform website, aplikasi, dan lain-lain.

2.  Membantu Melakukan Audit Sosial Media

Agensi media sosial juga bisa membantu melakukan audit sosial media brand yang Anda miliki. Tujuannya yaitu untuk mengidentifikasi area mana yang perlu difokuskan dalam pemasaran maupun promosi.

Para pelaku social media agency akan menyarankan kepada Anda cara memperbaiki masalah dalam strategi yang sudah pernah Anda jalankan. Selain itu, mereka juga bertugas untuk merancang social media strategi yang cocok bagi bisnis Anda.

Proses audit di social media agency oleh agensi terkait yaitu meliputi reach and impressions, followers, engagement (likes, comments, share, tagging), dan masih banyak lainnya.

3.  Membangun Bisnis Kreatif

Social media agency merupakan perusahaan yang juga bisa membantu membuat dan membangun bisnis Anda secara kreatif. Perusahaan Anda nantinya bisa dihubungkan dengan sosial media.

Tugas lain dari agensi terkait yaitu membuat konten grafis atau video interaktif agar audiens tertarik dengan brand Anda. Selain itu, agensi terkait juga bisa membantu menyusun strategi untuk membuat konten yang tepat.

Seperti yang Anda ketahui, konten merupakan salah satu strategi yang sangat penting sekali karena konten bisa menarik audiens agar menyukai produk atau jasa yang Anda tawarkan.

4.  Membuat Profil yang Terlihat Profesional

Perlu Anda ketahui, setiap platform media sosial memiliki cara kerja yang berbeda-beda. Selain itu, setiap media sosial juga tidak semua bisa bekerja secara optimal untuk semua jenis bisnis.

Kita ambil contoh seperti Instagram, di mana platform ini sangat cocok untuk brand makeup, fashion, beauty, dan berbagai produk atau jasa yang berhubungan dengan “looks”.

Agensi sosial media juga merupakan tim yang mempelajari industri tempat bisnis berada. Di sisi lain, tim tersebut juga bisa mengidentifikasi platform mana yang paling tepat digunakan oleh brand yang Anda miliki.

5.  Laporan Konsumen

Dengan memberikan customer experience yang bagus dan membuat mereka nyaman, secara tidak langsung bisa membuat customer merekomendasikan brand Anda secara gratis. Social customer care merupakan tren pemasaran yang baru.

Pada saat brand melayani customer maka bisa memperkuat brand awareness produk Anda. Agensi terkait juga menawarkan layanan untuk maintain customer yang bertujuan untuk mewujudkan customer experience yang optimal.

Kesimpulan

Peranan tim yang bekerja di bidang agensi media sosial bisa membantu bisnis Anda untuk berkembang, khususnya untuk yang berencana go digital atau go online. Pasalnya ada jutaan pengguna social media yang bisa menjadi target promosi dan juga pemasaran.

Bagaimana, tertarik untuk bekerja sama dengan social media agency? Kini Anda bisa bekerja sama dengan Ideoworks yang merupakan salah satu agensi ternama.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *